Bagaimana Cara Penanganan Batu Empedu yang Tepat?

Posted by in Batu Empedu

Bagaimana Cara Penanganan Batu Empedu yang Tepat? Batu empedu merupakan suatu penyakit yang hanya bisa di obati dengan cara pembedahan dikarenakan sampai saat ini belum ada obat minum atau luar yang dapat mengatasi penyakit ini, sehingga pembedahan adalah hal yang mutlak yang harus dilakukan jika Anda ingin terbebas dari penyakit ini.

Kapan Tindakan Operasi Harus Dilakukan?

Menurut dr. Roys A Pangayoman, Sp B Fina CS

Tidak ada keluhan atau gejala kalau sampai meninggalnya dia tidak menyebabkan apa – apa bisa saja sih, batu itu diam saja di kantong empedu tanpa menyebabkan hal – hal yang membahayakan. Tapi kita tidak bisa mengharapkan itu pada semua orang. Artinya kalau kita menemukan batu empedu, kita harus treat dia kita harus lakukan operasi ke dia kita harus buang, jangan sampai ternyata orang ini yang sampai meninggalnya tidak apa – apa tiba – tiba dia ada masalah tadi seperti infeksi , penyumbatan saluran daripada batunya kan akan makin berbahaya lagi, lebih repot lagi untuk tindakan operasi dan sebagainya.

 

Apa Efek Samping Setelah operasi?

Penanganan Batu EmpeduEfek samping sih hampir tidak ada karena kantung empedu yang kita operasi itu sifatnya hanya berupa penyimpanan saja. Jadi untuk penyimpanan menempatkan empedunya. Yang lebih resiko dan lebih berbahaya adalah justru komplikasi atau penyulit kalau tidak di operasi. Jadi operasinya sendiri atau efek samping dari operasinya sendiri ada paling seperti biasa kalau cedera pada pembuluh darah situ itu pendarahan. Atau yang lebih spesifik kalau operasinya mengenai saluran empedunya. Itu sangat berbahaya, karena saluran tidak boleh kita otak –atik sampai cedera. Bisa saja terjadi ya meskipun jaranag kalau dilakukan oleh dokter yang cukup berpengalaman.

Masalahnya justru kalau tidak dilakukan operasi padahal sudah tahu ada batu empedu. Nah itu komplikasinya bisa macam – macam seperti yang saya bilang, bisa infeksi, bisa jadi nanah, gangren atau bisa jadi ada penyumbatan disalurannya. Karena batunya bisa lari ke saluran empedu sehingga bisa menjadi penyakit kuning dan yang terakhir bisa menjadi kanker kalau di biarkan terus. Karena batu itu akan menjadi benda asing kalau dibiarkan terus menerus merangsang atau kantong empedunya menjadi kanker kantong empedu akan lebih berbahaya lagi.

Apa Resiko Jika Penyakit Ini Dibiarkan?

Jadi kalau dibiarkan tentunya bisa terjadi hal – hal tersebut dan itupun tidak selalu 100% akan terjadi. Tetapi karena batu empedu tidak ada obatnya yang di minum kemudian ilang nih batunya. Ya tentunya ya kalau begitu ketemu cek up ada batu empedu secepat mungkin di buang. Jangan tunggu sampai terjadi komplikasi yang berat.

Tindakan yang tepat terhadap penanganan sebuah penyakit merupakan langkah awal yang akan menentukan kondisi kesehatan tubuh Anda konsultasikanlah sedini mungkin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>