Ternyata Makanan Ini Yang Harus Dikonsumsi Untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

Posted by in Kolesterol

Percakapan dokter Reisa dengan Jonathan frizzy tetang pola makan yang sehat untuk mencegah kolesterol tinggi.

Jonathan Frizzy : Makannya apa dok?

  1. Reisa : Aku lagi pesen nih, kamu gak pesen?

Jonathan Frizzy : Tidak dong, aku bawa bekal dari rumah.
dr. Reisa: Di bawain Istri ya bekalnya?

Jonathan Frizzy : Iya dok. Ini itu enak banget soalnya aku lagi ngidarin lemak dan jaga karbohidrat juga untuk mencegah kolesterol tinggi. Dok apa sih bahaya kolesterol bagi kesehatan?

  1. Mencegah Kolesterol TinggiReisa : Bahaya banget dong, kolesterol itu kan bisa menjadi pemicu berbagai penyakit yang berbahaya dalam tubuh. Kalau di diemin aja nih kadar kolesterolnya di tubuh kita tetap tinggi wah itu bahaya sekali buat kesehatan untuk kedepannya. Makannya yang paling bener itu kayak kamu sekarang ini.

Jonathan Frizzy : tapi memang paling susah itu ngontrol makanan ya dok ya susah banget emang.

  1. Reisa: Bener sih tapi demi kesehatan jantung kita juga kan, karena yang namanya kesehatan. Tubuh kita nih terutama kolesterol, kita banyak makan yang tinggi karbohidrat kayak misalnya nasi putih. Nasi itu kalau masuk ke tubuh kita dalam jumlah yang berlebihan gula darah di tubuh kita juga melonjak tinggi dan itu bisa beresiko ke diabetes. Makanya kalau kita mau menjaga tubuh kita, kita harus mempertahankan agar glukosanya tetap stabil  karena kalau kelebihan karbohidrat juga nih. Yang di simpan di dalam tubuh kita akibatnya membentuk lemak tubuh namanya trigliserida. Makanya karbohidratnya dipilih yang lebih kompleks kayak ini ada beras merah, kamu juga bawa nih serat –serat sayuran, sayur –sayuran juga karbohidrat komplek nah ini merupakan makanan pencegah kolesterol tinggi.

Jonathan Frizzy : Terus berat badan itu ngaruh gak dok dengan kadar kolesterol di dalam tubuh kita?

  1. Reisa: Bener banget, karena berat badan berlebih atau obesitas itu sangat erat kaitannya dengan penyakit berbahaya seperti kolesterol  tinggi. Ada faktanya menurunkan 2.5 kg hingga 5 kg berat badan berlebih bisa mengeluarkan kolesterol dalam jumlah yang banyak dari dalam tubuh.

Jonathan Frizzy : oh okey, makanya kita juga harus rutin olahraga ya dok  buat jaga berat badan ya dok ya ?

  1. Reisa: Penting banget itu.kita harus olahraga secara rutin karena olahraga itu sama saja membuat jantung memompa darah secara baik ke tubuh kita artinya dia bisa membakar kalori juga kemudian jika kita berkeringat otomastis proses pengeluaran racun di tubuh kita melalui keringat . Ada salah satu caranya loh untuk menjaga supaya kesehatan jantung kita terjaga dengan baik terutama untuk menurunkan kolesterol tinggi yaitu dengan mengkonsumsi lemak yang baik. Kalau kolesterol  itu kan lemak yang jahat  tuh. Lemak yang baik seperti Omega 3 dan Omega 6 itu bisa membuat kolesterol jadi turun kadarnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>